Pengertian, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, Cara Kerja Lengkap VPN (Virtual Private Network)

22.47
Assalamualaikum wr.wb.

Pada artikel kali ini Haikal akan share Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Cara Kerja Lengkap VPN (Virtual Private Network).



Baru baru ini VPN sedang booming ditelinga mas/mbak ya :). Karena baru baru ini Kemeninfo memblokir akses sosial media. Alhasil untuk membuka akses blokir sosial media tersebut, mas/mbak harus menggunakan VPN. Nah tau ndak nih mas/mbak apa itu VPN ? kalau ndak tau makanya jangan asal gunain dong :) makanya mari kita simak bareng-bareng.

Baca juga :


Mengenal apa itu VPN



VPN adalah singkatan dari “Virtual Private Network”, yang artinya suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lain secara privat melalui jaringan Internet (publik). Disebut dengan Virtual Network karena VPN menggunakan jaringan Internet sebagai media perantaranya alias koneksinya bukan secara langsung mas/mbak.,dan disebut Private Network karena VPN sifatnya privat maksudnya hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.
Data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet, itulah definisi dari VPN.

Fungsi dari VPN

Ada banyak mas/mbak kegunaan dari VPN ini lhooo, diantaranya adalah:

1. Kerahasiaan (Confidentially)

VPN merupakan teknologi yang menggunakan jaringan internet blik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian informasi atau data. Maka VPN memakai metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan menggunakan metode enskripsi itu, keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian data kok mas/mbak. Walau ada pihak-pihak yang bisa menyadap data-data yang melewati jaringan internet maupun jalur dari VPN sendiri, akan tetapi belum tentu yang menyadap dapat membaca data tersebut sebab data tersebut sebelumnya telah teracak. Dapat disimpulkan dari fungsi confidentially ini maksudnya supaya data yang di-transmisikan haya dapat diakses oleh orang yang memang berhak saja.

2. Keutuhan data (Data Integrity)

VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi lho mas/mbak. Mulai dari data tersebut dikirim kan hingga data tersebut sampai di tempat yang di tujunya. Sehingga data saat di perjalanan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan seperti data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Autentikasi sumber (Origin Authentication)

VPN mempunyai kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan di terimanya, CANGGIH kan mas/mbak. VPN dapat melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, lalu alamat dari sumber data tersebut akan di setujui jika proses autentifikasi berhasil, dengan begitu VPN dapat menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, tidak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan.


Manfaat dari VPN

Nah sekarang kita bahas Manfaat-nya dari VPN, apa aja sih.... :

1. Remote Access

dengan menggunakan VPN kita bisa mengakses komputer ataupun jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke jaringan internet atau publik.

2. Keamanan

dengan menggunakan koneksi VPN kita bisa browsing, searching dengan aman saat mengakses dunia maya atau jaringan internet publik misalnya seperti hotspot atau internet yang ada di warung kopi :).

3. Dapat menghemat biaya setup jaringan

VPN juga dapat dipakai sebagai cara alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang cukup luas dengan biaya yang lebih rendah. Karena transmisi data yang digunakan pada VPN memakai media jaringan internet atau jaringan publik yang sebelumnya telah ada tanpa perlu membangun jaringan sendiri. 


Cara kerja VPN

  • VPN butuh sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC dan Server VPN yangbisa berupa komputer dengan aplikasi VPN Server atau sebuah Router, pada kasus ini Haikal beri contoh sama MikroTik.
  • Untuk memulai sebuah koneksi, komputer dengan aplikasi VPN Client mengontak Server VPN, VPN Server kemudian memverifikasi usernamedan password dan jika berhasil maka VPN Server memberikan IP Address baru pada komputer client dan selanjutnya sebuah koneksi / tunnel akan terbentuk.
  • Selanjutnya komputer client bisa digunakan untuk mengakses berbagai resource (komputer atu LAN) yang berada dibelakang VPN Server misalnya melakukan transfer data, ngeprint dokument, browsing dengan gateway yang diberikan dari VPN Server, melakukan remote desktop dan lain sebagainya.

Kelebihan & Kekurangan VPN

Kelebihan (+)

Berikut kelebihan Layanan VPN mas/mbak :
  • Dapat dijadikan sebagai solusi biaya yang lebih efektif untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.
  • Dapat meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.
  • Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.

Kekurangan (-)

Aplikasi atau Penyedia VPN yang Gratis kebanyakan mempunyai kekurangan lo mas/mbak, yakni : 
  • Karena penyediaan akses ke pegawai secara global, faktor keamanan menjadi suatu resiko, hal tersebut dapat menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan dapat diakses secara global, karena dengan menggunakan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.
  • Penjualan Data, Salah satu bahaya yang menanti kalian ketika menggunakan VPN gratis adalah resiko penjualan data secara ilegal. Namun, untuk pengguna VPN berbayar rasanya nggak perlu khawatir. Pasalnya, penyedia layanan ini umumnya memiliki aturan lebih ketat dibanding pengguna VPN gratis.

NOTES
- Haikal saranin mas/mbak untuk menggunakan Aplikasi atau Layanan VPN yang Berbayar aja


Cuman segitu aja mas/mbak artikel yang bisa Haikal informasikan kepada kalian.
JANGAN LUPA Like dan Komentar nya ya agar blog saya bisa berguna bagi anda
SEMOGA BERMANFAAT :)
Terima Kasih atas kunjungannya

Wassalamualaikum wr.wb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »